Rumah Pintar

 


DIVISI RUMAH PINTAR


 

RUPIN
Logo Divisi Rumah Pintar

Divisi Rumah Pintar (Rupin) bertanggung jawab atas terlaksananya kegiatan belajar mengajar adik-adik di Rumah Pintar  Ciwaruga, memberikan pengajaran yang efektif dan menjadi contoh untuk adik-adik. Adapun fungsi dari divisi Rumah Pintar diantaranya :

  1. Meningkatkan minat baca khususnya bagi adik-adik Rupin
  2. Mengembangkan potensi adik-adik Rupin dengan menerapkan metode ajar yang menyenangkan, edukatif dan aplikatif
  3. Membimbing adik-adik Rupin agar melakukan kebiasaan yang baik untuk diri sendiri, orang tua, bangsa dan agama
  4. Senantiasa memberikan motivasi agar semangat dalam menggapai cita-cita
  5. Membangung karakter adik-adik Rupin yang disiplin dan mandiri agar dapat melakukan segala sesuatu hal sendiri (tidak bergantung kepada orang lain)
  6. Memberikan kebebasan berkreasi dan berinovasi kepada adik-adik Rupin melalui kegiatan pelatihan keterampilan
  7. Menanamkan rasa cinta kasih dalam diri adik-adik Rupin untuk peka dan mencintai lingkungan sekitarnya
  8. Berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan nusantara kpada adik-adik Rupin agar tercipta rasa cinta tanah air.

Divisi Rumah Pintar (Rupin) dikepalai oleh seorang kepala divisi yang disebut “KEPSEK” didalam organisasi TIM PKM POLBAN. Untuk periode kepengurusan tahun 2017 Kepala Divisi Rumah Pintar  dijabat oleh Dwi Susanti  (D4 Administrasi Bisnis).

Pada periode kepengurusan 2017 Divisi Rumah Pintar memiliki program kerja utama yang dibagi menjadi kegiatan internal dan eksternal.

  • Kegiatan internal terdiri dari : Kegiatan Belajar Mengajar, Buka Puasa Bersama Adik-Adik Rupin.
  • Kegiatan eksternal yang terdiri dari : Rupin on The Road (ROTR), Outbond, , Studi banding, dan  Sosialisasi Rumah Pintar.

 


Kegiatan Belajar Mengajar

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting di masa sekarang, terlebih di era globalisasi seperti saat ini yang menuntut masyarakatnya agar senantiasa memiliki kesadaran untuk menuntut ilmu. Pelajaran yang diperoleh di sekolah merupakan bekal utama, namun lingkungan juga banyak mempengaruhi bagaimana adik-adik bisa menangkap pelajaran. Maka dengan sistem kekeluargaan seperti kakak-adik diharapkan adik-adik menjadi lebih semangat dan mengerti isi dari materi yang diajarkan

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan dengan tujuan memberikan pemahaman yang lebih kepada adik-adik mengenai materi yang telah didapatkan di sekolah, dengan menggunakan bahasa yang ringan dan pendekatan yang menarik bagi adik-adik agar adik-adik lebih memahami materi yang diajarkan.

 

 

 

 

Kegiatan belajar mengajar ini dikhususkan untuk  adik-adik di sekitar Desa Ciwaruga. KBM dilaksanakan setiap Selasa, Rabu dan Kamis pukul 16.00 – 17.30 WIB  setiap minggunya, bertempat di Rumah Pintar TIM PKM Polban Desa Ciwaruga.

Materi yang diberikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah yaitu kurikulum 2013. Namun kegiatan yang digunakan adalah pembelajaran yang ringan, adapun di waktu-waktu khusus akan diajarkan kegiatan non-formal seperti pembuatan kerajinan dan melakukan berbagai permainan. Hal ini dilakukan agar adik-adik tidak mudah jenuh dengan pelajaran formal. Cara lain adalah dengan belajar di luar yaitu di lapangan SD 1 Ciwaruga dan di lingkungan kampus Polban.


Buka Puasa Bersama Adik-Adik Rupin

Bulan Ramadan merupakan waktu yang tepat untuk semua orang mendekatkan diri kepada pencipnya-Nya , juga kepada sesamanya. Suasana kekeluargaan yang telah dibangun selama kegiatan belajar mengajar akan tampak nyata ketika kita bisa berbuka bersama adik-adik, layaknya keluarga.

Buka Puasa Bersama Adik-adik Rupin dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi antara adik-adik Rupin dengan kakak-kakak pengajar dari TIM PKM POLBAN. Dalam pelaksanaan kegiatan diisi dengan tadarus al-quran, lomba ceramah adik-adik rupin, mewarnai dan membuat kaligrafi, serta dikahiri dengan buka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah.

 

 

 

 

 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan anggota TIM PKM POLBAN dapat lebih akrab dengan adik-adik rupin sehingga terciptanya komunikasi yang efektif antara anggota TIM PKM dengan adik-adik.


Rupin on The Road (ROTR)

          Pengabdian yang dilakukan oleh kita sebagai mahasiswa tidak bisa hanya menitik beratkan pada satu wilayah tanpa memperhatikan daerah yang lain. Maka dengan adanya ROTR mengajak anggota TIM PKM POLBAN untuk terjun langsung ke masyarakat luas, tidak hanya di lingkup Ciwaruga.

Kegiatan ROTR memiliki tujuan agar anggota TIM PKM POLBAN menjadi lebih terbuka, menambah pengetahuan, belajar mengenai karakter masyarakat di daerah lain dengan masyarakat luas dengan terjun secara langsung berkomunikasi dengan masyarakat daerah lain.

Kegiatan ROTR biasanya dilakukan bersamaan dengan kegiatan eksekusi 1001 Buku Untuk Jabarku dan kegiatan monitoring Mengetuk Jendela Dunia. Pada kegiatan tersebut adik-adik siswa yang ada di sekolah dasar tersebut akan bermain dengan kegiatan yang menarik serta mengedukasi bagi mereka.

 

 

 

 

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selain pada kegiatan pada eksekusi dan monitoring, kegiatan ROTR juga dilakukan ketika terjadi bencana. Bersamaan dengan eksekusi kebencanaan yang dilakukan oleh Divisi Mahagana, TIM PKM POLBAN akan mendatangi posko kebencanaan  yang menampung banyak anak-anak korban bencana. Disana TIM PKM POLBAN selain menyalurkan bantuan, tapi juga mengajak bermain anak-anak terdampak bencana dengan kegiatan yang menarik, menyenangkan serta mengedukasi dengan harapan anak-anak tersebut dapat menjadi ceria kembali setelah mengalami bencana.


Outbond Rumah Pintar

  Menghadapi kondisi dan suasana yang sama setiap harinya mudah sekali menimbulkan efek jenuh atau bosan bagi siapapun, tidak terkecuali adik-adik rupin. Untuk itu diperlukan kegiatan yang  membuat adik-adik rupin  mendapatkan kembali semangat belajar.

Outbond Rumah Pintar ini dilaksanakan agar adik-adik dapat refreshing, mendapat pengetahuan baru, dan mendapatkan suasana yang berbeda dari biasanya.

Kegiatan ini dilakukan 2 kali selama kepengurusan tahun ini dengan konsep yang berbeda dengan KBM Rupin biasanya yaitu menggunakan konsep edutaiment dengan mendatangi tempat-tempat wisata yang bernunsa edukasi diseputar Bandung seperti : Museum, Gedung-gedung Bersejarah, Kebun Binatang, Taman Tematik dan lain sebgainya.

 

 

 

 

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Studi Banding

    Setiap organisasi perlu mengembangkan organisasinya agar bergerak kearah yang lebih baik, dengan berbagi bersama pihak-pihak yang berpengalaman dan berhasil bisa menjadi salah satu cara  mengembangkan diri dengan baik, dengan melihat dan mempelajari sisi lain yang sebelumnya tidak kita ketahui.

Dengan latar belakang tersebut Studi Banding diadakan dengan tujuan agar Tim PKM Polban khususnya staf Divisi Rumah Pintar dapat menambah relasi dan pengetahuan dengan berbagi pengalaman dengan organisasi/komunitas lain yang menggeluti bidang yang sama yaitu pendidikan ( belajar mengajar ).

 

 

 

Pada pelaksanaan kegiatannya Tim PKM Polban akan mengunjungi dan bertemu komunitas/organisasi yang telah ditentukan sebelumnya untuk sharing mengenai sistem pembelajaran dan lain sebagainya. Adapun organisasi atau komunitas yang pernah dijadikan objek Studi Banding antara lain : Skhole ITB, Kejar Aurora dan Komunitas Cahaya Lentera.


Sosialisasi Rumah Pintar

Faktanya bahwa masih banyak masyarakat disekitar Desa Ciwaruga yang tidak mengetahui keberadaan Rumah Pintar sebagai rumah belajar bagi adik-adik. Maka dari itu sosialisasi ini perlu dilakukan untuk menambah nilai guna Rumah Pintar di masyarakat.

Sosialisasi Rumah Pintar bertujuan untuk memberitahukan adanya Rumah Pintar dengan sasaran adik-adik dan masyarakat di sekitar Ciwaruga dan mengajak adik-adik belajar dengan cara yang menyenangkan.

Dalam pelaksanaannya sosialisasi Rumah Pintar menerapkan konsep seperti Rupin On The Road (ROTR) dimana adik-adik diajak bermain sambil belajar. Untuk tahun 2017 Sosialisasi Rumah Pintar dilakukan sebanyak 2 kali yang bertempat di SDN 1 Ciwaruga.

 

 

 

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dengan adanya Sosialisasi Rumah Pintar kepada masyarakat sekitar Desa Ciwaruga ini diharapkan Adik-adik disekitar lingkungan Desa Ciwaruga mengetahui adanya Rumah Pintar dan tertarik untuk belajar di Rumah Pintar.


 Lihat juga aktivitas divisi yang lainnya, Klik di bawah ini !

Book For Jabar

Mahasiswa Tanggap Bencana

Iklan