Mahasiswa Tanggap Bencana

 


DIVISI MAHASISWA TANGGAP BENCANA


 

MAHAGANA
Logo Divisi Mahasiswa Tanggap Bencana

     Divisi Mahasiswa Tanggap bencana (Mahagana) merupakan salah satu divisi yang bergerak dalam bidang  kebencanaan. Mahagana mewadahi mahasiswa yang ingin bergerak di kemanusiaan. Divisi mahagana melakukan pergerakan sosial pada bidang kebencanaan dan turun langsung ke masyarakat

Divisi Mahasiswa Tanggap Bancana  (Mahagana) dikepalai oleh seorang kepala divisi yang disebut “KOMANDAN” didalam organisasi TIM PKM POLBAN. Untuk periode kepengurusan tahun 2017 Kepala Divisi Mahasiswa Tanggap Bencana  dijabat oleh Nanan Kurnia  (D3 Teknik Elektronika).

Pada periode kepengurusan 2017 Divisi Mahasiswa Tanggap Bencana memiliki program kerja utama yaitu : Polban Peduli, Eksekusi Kebencanaan, dan Penyuluhan Kebencanaan.

 


Polban Peduli

      Dengan Latar belakang sebagai makhluk sosial  kita sepatutnya saling tolong menolong untuk menciptakan rasa solidaritas kemanusiaan. Sebagai mahasiswa kita dapat mewujudkan rasa solidaritas kemanusian melalui satu gerakan, gerakan sosial ini di namakan Polban Peduli.  Polban Peduli merupakan sebuah program kerja dalam upaya untuk menghimpun dana atau donasi kebencanaan dari keluarga Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung.

   Polban peduli dilaksanakan ketika ada bencana yang melanda suatu daerah . Tujuannya adalah menghimpun dana atau donasi kebencanaan, sehingga dapat memudahkan pelaksanaan pengiriman logistik kepada masyarakat  terdampak bencana secepat mungkin. Pelaksanaannya penghimpunan dana biasanya berkerjasama dengan organisasi yang ada di lingkup kampus Politeknik Negeri Bandung seperti : Forum Sosial Kema Polban, BEM, FKMPI, Organisasi Daerah (Orda) dan yang lainnya.

     Divisi Mahagana pada program kerja Polban Peduli berperan sebagai koordinator dalam pengumpulan dan penyaluran dana yang telah dikumpulkan kepada daerah bencana yang membutuhkan bantuan.

 

 

 


Eksekusi Kebencanaan

          Eksekusi kebencanaan merupakan program kerja dengan kegiatan pemberian atau penyaluran logistik secara cepat dan tepat pada saat terjadinya bencana  kepada masyarakat yang terkena dampak bencana secara langsung ke tempat terjadinya bencana. Kegiatan ini memiki sasaran masyarakat yang terkena dampak bencana terutama di daerah Jawa Barat.

   Eksekusi kebencanaan juga memiliki tujuan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana untuk mengurangi beban masyarakat yang terkena dampak bencana.

    Bantuan yang diberikan pada kegiatan Ekesekusi Kebencanaan berupa logistik dan tenaga bantuan secara langsung kepada masyarakat yang terkena dampak bencana atau melalui posko kebencanaan yang didirikan oleh lembaga terkait misalnya BPBD daerah setempat. Bantuan akan dikirim dengan jangka waktu paling lambat 7 hari sejak kejadian bencana tersebut.

Adapun kegiatan Eksekusi  yang pernah dilakukan yaitu :

  • Banjir Bandang Subang ( April 2016  )

 

  • Banjir Bandang Garut ( Oktober 2016 )
Garut
Eksekusi Kebencanaan Banjir Bandang Garut
  • Longsor Sumedang ( Oktober 2016 )
Sumedang
Eksekusi Kebencanaan Longsor Sumedang
  • Banjir Bandang & Longsor di Kabupaten Sukabumi ( November 2016 )

 

  • Banjir Bandang Ciwidey ( Mei 2017 )

 


Penyuluhan Kebencanaan

     Banyaknya bencana yang terjadi di Indonesia khususnya di Jawa Barat, memberikan dampak yang besar bahkan sampai dengan hilang nya nyawa. Oleh karena itu untuk meminimalisirkan dampak bencana alam yang akan terjadi TIM PKM POLBAN melakukan edukasi berupa sosialisasi kebencanaan dan tindakan preventif sejak dini kepada masyarakat. Kegiatan ini bekerja sama dengan masyarakat di daerah yang memiliki resiko bencana yang akan dilakukan sesuai dengan timeline dan konsep yang sudah ditentukan.

     Pada kegiatan penyuluhan kebencanaan kami mensosialisasikan kepada anak-anak Sekolah Dasar di daerah yang memiliki resiko bencana. Penyuluhan dilakukan disekolah dasar yang daerahnya memiliki resiko terkena bencana disuatu hari. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Anak-anak di Sekolah Dasar tersebut memahami dan merealisasikan tindakan preventif kebencanaan.

Adapun kegiatan Penyuluhan Kebencanaan  yang pernah dilakukan yaitu :

  • SDN Tutugan Rahayu ( 17 Desember 2016 )

 

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.


Lihat juga aktivitas divisi yang lainnya, Klik di bawah ini !

Rumah Pintar

Book For Jabar

Iklan